Selamat Datang di Blog Shelly Nurhadijah... Semoga artikel yang saya berikan dapat bermanfaat

Selasa, 05 Mei 2015

Arsitektur PC Modern







Keterangan Gambar  :
1.          Processor


Processor merupakan suatu komponen terpenting dalam sebuah komputer yang berfungsi untuk menjalankan sistem dari suatu komputer itu sendiri.
Otak dari sebuah komputer atau komponen pokok dari sistem komputer. Fungsinya untuk menunjukkan instruksi ke fetch intstruksi ke sebuah spot di memori yang menampung instruksi. Fetch kemudian menangkap instruksi tersebut dan memberikan ke dekoder instruksi, kemudian mengamati instruksi tersebut dan menentukan langkah selanjutnya untuk melengkapi instruksi tersebut.
Processor terdiri dari :
- Control Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device.
- Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika (perbandingan).

2.             AGP Controller  (Accelerated Graphics Port)

AGP adalah alat yang digunakan untuk menyimpan image 3D. Dan untuk berkoneksi dari point-to-point diantara graphics card dengan sistem memori di CPU.

3.             GPU  (Graphic Processing Unit)



 
                                                                                                 
Prosesor dari sebuah videocard, berfungsi untuk pengolahan data gambar yang akan dilayarkan monitor.




4.             Monitor

Monitor merupakan alat output yang paling umum dan berfungsi melihat hasil pengolahan data pada layar, baik berupa karakter, gambar maupun warna.

5.             Memory Controller
Berfungsi untuk membaca dan menulis operasi dengan memory computer, menjaga RAM untuk tetap aktif dengan adanya pasokan arus listrik

6.             Memory



  

Memory adalah bagian fungsional komputer yang berfungsi untuk menyimpan program dan data.



7.FSB(Front Side Bus)









 
Menghubungkan prosesor dengan chipset northbrige pada motherboard, jalur ini sebai tempat lintasan data atau informasi yang diwujudkan dalam bentuk sinyal-sinyal elektronis.



8.             Northbridge

Northbridge merupakan bagian yang menghubungkan prosesor (CPU) ke sistem memori dan graphics controller (AGP dan PCI Express) melalui bus berkecepatan tinggi, dan ke southbridge. Dengan demikian, Northbridge bertugas mengendalikan/ menangani komunikasi antara CPU, RAM, AGP atau PCI Express, dan southbridge. Bahkan pada sebagian chipset, di dalam northbridge juga berisi integrated video controller (pengendali video terintegrasi). Pada sistem Intel istilah integrated video controller ini disebut dengan nama Graphics and Memory Controller Hub (GMCH).
Northbridge juga berperan menentukan jumlah, type dan kecepatan CPU yang dapat dipasangkan pada motherboard, termasuk menentukan jumlah, kecepatan dan type RAM yang dapat digunakan. Setiap jenis chipset, kebanyakan dirancang hanya untuk mendukung seri prosesor tertentu saja, dengan jumlah RAM yang dapat dipasangkan bervariasi bergantung type prosesor dan desain motherboardnya sendiri.

9.             Southbridge

Southbridge adalah bagian dari chipset yang mengontrol bus IDE, USB, dukungan Plug and Play, menjembatani PCI dan Isa, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power management dan sejumlah perangkat lainnya. Southbridge berhubungan dengan periperal, memalui jalur penghubung yang kecepatannya (kecepatan bus) lebih lambat (misalnya bus PCI dan bus ISA) dibandingkan jalur penghubung yang digunakan oleh northbridge. Pada beberapa chipset modern, southbridge sebenarnya mengandung (memuat) pheripheral yang terintegrasi pada chip, seperti ethernet, USB, dan audio.

10.         PCI bus (Peripheral Component Interconnect)

PCI adalah bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. PCI juga adalah suatu bandwidth tinggi yang populer, prosesor independent bus itu dadpat berfungsi sebagai bus mezzenine atau bus periferal. Standar bus PCI ini dikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest Group yang dibentuk oleh Intel Corporation dan beberapa perusahaan lainnya, pada tahun 1992. Tujuan dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang sebelumnya digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya.
Komputer lama menggunakan slot ISA, yang merupakan bus yang lamban. Sejak kemunculan-nya sekitar tahun 1992, bus PCI masih digunakan sampai sekarang, hingga keluar versi terbarunya yaitu PCI Express (add-on).

11.         Network Controller
Berfungsi  sebagai pengontrol Jaringan.

Firewire  Controller
12.         Firewire  Drive


Jenis kabel data yang mampu mengirim data dengan kecepatan sangat cepat, sampai pada rata-rata 400 megabit per detik (Mbps). FireWire diklaim sebagai saluran penghantar data yang paling cepat dan stabil di antara saluran lain seperti USB.

13.         USB Controller
Berfungsi sebagai pengontrol USB.



14.         USB  drive  (Universal Serial Bus)

USB drive adalah alat penyimpanan data memori kilat tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. USB Drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah.  USB Drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya cakram flopi atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.

15.         SCSI  Controller (Small Computer System Interface)
Set standar untuk menghubungkan secara fisik dan mentransfer data antara computer dan peripheral.

16.         Optical Drive

Perangkat keras penyimpan data dengan menggunakan media penyimpanan berupa keping CD/DVD dan dilakukan dengan teknologi optik. Teknologi optik yang digunakan media ini adalah penggunaan laser untuk menulis dan mengambil data.


  
17.         HDD (Hard Disk Drive)


HDD merupakan peranti penyimpanan (storage) yang merekam data secara cepat menjadi pulsa magnetik pada sebuah platter/disk metal yang berputar.

18.         Tape/backup drive

19.         IDE Controller (Integrated Drive Electronics)
IDE controller adalah penghubung utama komponen harddisk, CD ROM dan Floppy Disk dengan komputer. IDE controller merupakan media standard untuk media penyimpanan permanen. Fungsi chipset pada motherboard untuk mengatur komunikasi data pada harddisk, CD-ROM serta memanagement.

20.         PATA (Pararel Advanced Technology Attachment) / SATA (Serial Advanced Technology Attachment)
Serial Advanced Technology Attachment (SATA) adalah bus primer pada komputer yang didesain untuk mentransfer data antara motherboard dan media penyimpanan data, seperti hard disk dan optical drive di dalam komputer. Keuntungan utama menggunakan hard disk SATA adalah transfer data yang lebih cepat, bisa memindahkan ataupun menambah device selama operasi (jika sistem operasinya support), kabel yang lebih tipis sehingga proses pendinginan udara dapat efisien, dan banyak keunggulan lainnya.






PCI-ISA  Bridge
21.         ISA bus (Industry Standard Architecture)


Sebuah arsitektur bus dengan bus data selebar 8-bit yang diperkenalkan dalan IBM PC5150 pada tanggal 12 Agustus 1981. Bus ISA diperbarui dengan menambahkan bus data selebar menjadi 16-bit pada IBM PC/AT pada tahun 1984, sehingga jenis bus ISA yang beredar pun terbagi menjadi dua bagian, yakni ISA 16-bit dan 8-bit. ISA merupakan bus dasar dan paling umum digunakan dalam computer IBM PC hingga tahun 1995, sebelum akhirnya digantikan oleh bus PCI yang diluncurkan pada tahun 1992.

22.         Serial Port

Serial port adalah sebuah port pada personal computer yang berfungsi untuk mentransmisikan satu bit informasi pada satu satuan waktu. Dalam serial port, pengiriman informasi tidak memungkinkan untuk melakukan secara banyak sekalius.

23.         Paralel  Port

Parallel port adalah sebuah port pada personal computer yang berfungsi sebagai alat komunikasi komputer (motherboard) dengan perangkat luar yang bersifat paralel.

24.         RTC (Real Time Clock)

Jenis pewaktu yang bekerja berdasarkan waktu yang sebenarnya atau dengan kata lain berdasarkan waktu yang ada pada jam kita. Agar dapat berfungsi, pewaktu ini membutuhkan dua parameter utama yang harus ditentukan, yaitu pada saat mulai (start) dan pada saat berhenti (stop).

MCA  Controller 
25.         MCA bus (Micro Channel Architecture)

MCA bus adalah sebuah bus I/O ber-bandwidth 32-bit yang digunakan dalam beberapa komputer mikro. Bus ini dibuat oleh IBM yang ditujukan untuk menggantikan bus ISA 8-bit/16-bit yang lambat, selain tentunya untuk menghadapi masalah bottleneck yang terjadi akibat kecepatan prosesor yang semakin tinggi tapi tidak diimbangi dengan kecepatan bus I/O. Komputer yang menggunakan bus ini pun hanya sedikit, mengingat memang IBM mewajibkan para vendor untuk membayar royalti kepada iBM untuk mendapatkan lisensi bus MCA. Karena hal ini banyak vendor yang kurang setuju dengan IBM membuat “partai oposisi”, dengan membuat bus EISA.
Kebutuhan terhadap sebuah bus I/O yang lebih cepat datang akibat bus ISA mengalami bottleneck. Prosesor Intel 80386DX merupakan prosesor 32-bit yang dapat mentransfer data hingga 32 bit dalam satu waktunya, tapi ISA hanya dapat mentransfer 16 bit saja. Daripada menambahkan pin lagi terhadap bus ISA, IBM memutuskan untuk membuat sebuah bus baru, yang kemudian menjadi bus MCA. Berbeda dengan EISA yang mendukung konsep backward compatibility, bus ini adalah benar-benar baru, yang sama sekali tidak kompatibel dengan ISA 8-bit/16-bit.

26.         PS/2 Controller
Port yang digunakan untuk menghubungkan mouse dan keyboard ke PC.
27.         Keyboard

Keyboard merupakan peralatan input yang paling umum dan banyak digunakan. Input dimasukkan ke peralatan proses dengan cara mengetikkan lewat tombol-tombol yang ada.

28.         Mouse

Mouse merupakan suatu pointing device yang digunakan untuk mengatur posisi cursor dilayar. Dengan menggeser mouse di bidang yang datar, misalnya meja, cursor di layar akan bergeser sesuai dengan arah dari pergeseran mouse. Setelah cursor menempati posisi tertentu di layar, tombol yang ada di mouse dapat ditekan untuk beberapa keperluan tergantung dari program yang digunakan.





29.         FDD (Floppy Disk Drive)


FDD merupakan Suatu drive yang berfungsi untuk membaca data dari sebuah diskette atau menulis data ke diskette. Data yang tersimpan pada sebuah diskette dapat dilihat apa isinya, dapat dioperasikan dan dapat dibuat untuk menyimpan data lagi dengan bantuan FDD. Tanpa FDD disket tidak bisa digunakan atau dioperasikan di komputer. Adapun komponen-komponen pembentuk FDD antara lain : Read/Write Heads, Head Actuator, Spindle Motor, Circuit Boards, Faceplate dan Connectors.

2 komentar:

Welcome to My Blog

Link UNJANI

Link IF UNJANI

Lencana Facebook

Dragonball Online Mouse Pointer Blue

tes

tes

Pengikut

- Copyright © Shelly Nur -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -