Selamat Datang di Blog Shelly Nurhadijah... Semoga artikel yang saya berikan dapat bermanfaat

Selasa, 05 Mei 2015

Tutorial Virtual Box




VirtualBox (sebelumnya Sun VirtualBox , Sun xVM VirtualBox dan innotek VirtualBox ) adalah paket perangkat lunak virtualisasi untuk komputer x86 dan AMD64/Intel64-based dari Oracle Corporation sebagai bagian dari produk virtualisasinya. Awalnya VirtualBox ini dikeluarkan oleh innotek GmbH , lalu kemudian dibeli pada tahun 2008 oleh Sun Microsistems , dan sekarang dikembangkan oleh Oracle . Perangkat lunak ini diinstal pada sistem operasi host sebagai aplikasi. Aplikasi ini memungkinkan tambahan sistem operasi tamu pada Host OS, masing-masing dikenal sebagai Guest OS, yang diinstall dan berjalan pada lingkungan virtualnya sendiri.
Host sistem operasi yang didukung termasuk Linux , Mac OS X , Windows XP , Windows Vista , Windows 7 , Windows 8 , Solaris , dan OpenSolaris , ada juga port ke FreeBSD. Sementara itu, sistem operasi tamu yang didukung oleh perangkat lunak ini termasuk versi dan derivasi dari Windows, . Linux , BSD, OS / 2, Solaris dan lain-lain. Sejak rilis 3.2.0 , VirtualBox juga memungkinkan virtualisasi terbatas Mac OS X tamu pada hardware Apple , meskipun OSX86 juga dapat diinstal dengan menggunakan VirtualBox .
Untuk menjalankan VirtualBox, anda memerlukan spesifikasi komputer sebagai berikut :
1.    Perangkat Keras x86, Prosesor Intel atau AMD
2.    Memori. Tergantung pada sistem operasi tamu yang ingin Anda jalankan, Anda akan memerlukan setidaknya 512 MB RAM (tapi mungkin lebih, dan lebih banyak lebih baik). Pada dasarnya, kebutuhan memory tergantung sistem operasi host yang anda gunakan dan sistem operasi tamu yang nantinya anda jalankan. Jadi perlu dihitung, jumlah memori kebutuhan untuk sistem operasi host dan jumlah memori kebutuhan dari sistem operasi tamu, sehingga perangkat komputer anda tidak lambat dan nyaman digunakan. Jadi, jika Anda ingin menjalankan Windows XP pada Windows XP, Anda mungkin tidak akan menikmati pengalaman banyak dengan kurang dari 1 GB RAM. Jika Anda ingin mencoba Windows Vista di tamu, ia akan menolak untuk menginstal jika diberikan kurang dari 512 MB RAM, sehingga Anda akan membutuhkan untuk tamu saja, ditambah memori yang bisaanya dibutuhkan oleh sistem operasi host.
3.    Ruang hard disk. Sementara VirtualBox sendiri sangat ramping (instalasi khas hanya akan membutuhkan sekitar 30 MB ruang hard disk), mesin virtual akan membutuhkan file yang cukup besar pada disk untuk mewakili penyimpanan hard disk mereka sendiri.
4.    Sebuah sistem operasi host yang didukung. Saat ini, kami mendukung Windows (XP dan kemudian), banyak distribusi Linux, Mac OS X, Solaris dan OpenSolaris.
5.    Sebuah sistem operasi tamu yang didukung. Selain manual, up-to-date informasi yang tersedia di "Status: OS Guest"

Ø  Menjalankan VirtualBox
Untuk menjalankan VirtualBox, terlebih dahulu anda harus mempunya file installernya yang bisa di download secara gratis di http://download.virtualbox.org/virtualbox/4.3.0/VirtualBox-4.3.0-89960-Win.exe khusus untuk pengguna dengan sistem operasi host Windows. Sementara itu untuk versi lainnya silakan di lihat pada website resmi virtualbox.

Setelah diinstall (pada Windows 7), virtualbox bisa diakses dengan cara klik Start Button > All programs > Oracle VM VirtualBox > Oracle VM VirtualBox

Cara lainnya adalah dengan langsung mengakses shortcut Oracle VM VirtualBox pada Desktop sistem operasi host anda.

Ø  Mengenal Antar Muka VirtualBox
Kita memulai VirtualBox dengan mengenal terlebih dulu antar muka dari VirtualBox. Pada gambar dibawah ini disajikan antar muka dari VirtualBox.



Ø  Membuat Virtual Machine
Untuk membuat virtual machine baru, kita bisa menggunakan cara lewat menu Machine > New, atau bisa menekan tombol Ctrl+N atau bisa klik pada toolbar New
Kemudian setelah itu akan muncul Wizard untuk membuat virtual machine baru

Langkah pertama, kita akan diminta untuk membuat nama dari virtual machine dan memilih tipe dan versi dari sistem operasi yang akan diinstall. Untuk nama bebas terserah kita, sedangkan untuk tipe dan versi OS menyesuaikan dengan OS yang akan kita gunakan. Contoh jika kita akan menginstall Windows 7 (32bit), maka tipe yang akan kita pilih adalah Microsoft Windows dan versi yang kita pilih adalah Windows 7. Contoh lain jika OS yang akan kita install adalah Debian Linux, maka tipe yang kita pilih adalah Linux dan versi yang kita pilih adalah Debian.
Contoh jika kita akan membuat virtual machine untuk Windows XP maka caranya adalah sebagai berikut :
1)      Klik New, kemudian isikan nama virtual machine (penentuan nama terserah anda), type Microsoft Windows, Version : Windows XP 

2)   Langkah ke 2 adalah menentukan ukuran besar memory yang akan digunakan oleh virtual machine. Ukuran memory ini tidak boleh melebihi kapasitas memory yang ada pada komputer anda. Sebaiknya agar tidak salah dalam penentuan besaran ukuran memori pada virtual machine, gunakan ukuran memory yang direkomendasikan oleh virtualbox saja. Jadi pada saat klik Next pada langkah pertama, secara otomatis pada langkah kedua yaitu ukuran memory akan diisi oleh sistem. Contoh jika Windows XP, maka virtualbox merekomendasikan ukuran memori 192 MB.
Perhatikan pada penentuan memory, batas terkecil adalah 4 MB sedangkan batas tertinggin adalah sesuai dengan ukuran memory fisik pada komputer. Perhatikan juga pada garis pada ukuran memory, terdapat tiga warna yaitu ; hijau, orange dan merah muda. Tiap warna mewakili posisi pada limit ukuran memory. 

3)      Langkah selanjutnya adalah Hardisk yang akan digunakan pada virtual machine. Virtual machine ini membutuhkan hardisk. Oleh karena itu, kita akan membuat hardisk dengan cara pilih Create a virtual hard drive now setelah itu klik Create.

4)   Tipe hard drive kita pilih VDI (Virtual Disk Image) kemudian klik Next.
Tips penentuan ukuran hardisk virtual :
-       Perhatikan drive fisik komputer kita yang masing mempunyai free space yang cukup untuk menampung hardisk virtual.
-       Sesuaikan ukuran hardisk virtual dengan maksud dan tujuan dari virtual machine yang akan kita buat dan gunakan. Jika hanya sebatas instalasi OS, maka sebaiknya sesuaikan dengan rekomendasi minimum storage dari sistem operasi yang akan kita install pada virtual machine.
-       Gunakan Dynamically Allocated, agar alokasi hardisk virtual menyesuaikan dengan apa yang kita kerjakan pada virtual machine tersebut. 



5)      Pada langkah ini kita akan memilih model hardisk virtual pada hardisk fisik komputer kita. Ada 2 (dua) pilihan yaitu Dynamically allocated (maksudnya adalah, hardisk virtual akan ukurannya akan berkembang seiring penggunaan sampai batas yang ditentukan) atau Fixed size (secara langsung akan mengambil ukuran sesuai yang ditetapkan pada hardisk fisik komputer kita). Kita memilih Dynamically allocated kemudian klik Next


6)      Lokasi dan ukuran hardisk virtual. Pada langkah ini, kita diminta untuk menentukan nama, lokasi penyimpanan dan ukuran hardisk virtual. Nama silakan diganti bebas terserah anda. Untuk lokasi penyimpanan bisa disimpan pada drive dengan ukuran terbesar di komputer anda. Atau bisa tetap disimpan sebagaimana yang muncul pada wizard ini. Sedangkan ukuran besar hardisk virtual, tetap kita harus memikirkan untuk menyesuaikan dengan ukuran fisik dari hardisk pada komputer kita dan juga menyesuaikan dengan banyaknya program yang akan kita install pada virtual machine.



Setelah langkah ini, maka proses pembuatan virtual machine telah selesai.



Ø Konfigurasi virtual CD/DVD-ROM
Tentunya pada saat akan melakukan instalasi sistem operasi, kita menggunakan media. Sebagai contoh kita akan menggunakan file ISO dari CD bootable master sistem operasi sebagai pengganti CD/DVD-ROM, disamping kita bisa menggunakan CD/DVD-ROM fisik yang ada dikomputer kita.

Untuk merubah konfigurasi CD/DVD-ROM kita bisa klik kanan pada virtual machine yang sementara digunakan kemudian pilih Setting.



 




Kemudian akan muncul Please choose a virtual optical disk file…




Temukan file iso dari master installer sistem operasi yang akan digunakan, klik pada file iso tersebut dan kemudian klik open.
 


Informasi pada storage di virtual machine setting berubah seperti pada gambar diatas. Jika sudah selesai dengan setting, klik OK.



Ø Menjalankan Virtual Machine

Setelah virtual machine dibuat dan segala sesuatunya disesuaikan dengan kebutuhan instalasi baik itu konfigurasi virtual CD/DVD, maupun konfigurasi virtual network, maka bisa dipastikan virtual machine sudah siap untuk dijalankan.
Untuk menjalankan virtual machine, paling mudah adalah klik kanan pada virtual machine kemudian pilih Start. Atau klik virtual machine kemudian klik toolbar Start.

Tampilan pada saat virtual machine dijalankan



Sekarang virtual machine siap dijalankan. Sorot virtual machine WindowsXP dan tekan toolbar start. Virtual machine telah berjalan menampilkan proses booting instalasi WindowsXP. Instalasi dapat dilakukan hingga selesai dan guest OS berfungsi persis seperti host OS.



Catatan akhir adalah mengenai akses keyboard dan mouse antara host OS dan guest OS. Dengan menggunakan virtual box kita dapat memiliki lebih dari satu OS berjalan di komputer yang sama. Keybord dan mouse harus tahu kemana perintah diteruskan saat ia ditekan atau diklik, apakah host OS atau guest OS. Virtual box mengatur ini dalam menu File-->Preferensi (ctrl+D). Pilih setting masukan (input). Isi tombol host. Maksud dari tombol host ini adalah untuk memindah kendali mouse antara guest OS dan host OS. Saat virtual machine dijalankan dan pengguna mengklik pointer mouse di dalam jendela guest OS, kendali mouse akan diambil alih oleh guest OS. UNtuk mengambil kembali kendali mouse ke host OS tekan tombol host. Penulis memilih tombol F1 sebagai tombol host. Selain untuk kendali kontrol mouse tombol host juga berfungsi untuk menjalankan short cut tertentu di guest OS. Contoh: <tombol-host>+F untuk full screen. <tombol-host>+del untuk ctrl+alt+del.


1 komentar:

  1. Maaf saya kok tdk suka dg animasi welcome yg muncul mengikuti gerakan mouse. terasa sangat tidak nyaman dan mengganggu

    BalasHapus

Welcome to My Blog

Link UNJANI

Link IF UNJANI

Lencana Facebook

Dragonball Online Mouse Pointer Blue

tes

tes

Pengikut

- Copyright © Shelly Nur -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -