Selamat Datang di Blog Shelly Nurhadijah... Semoga artikel yang saya berikan dapat bermanfaat

Selasa, 05 Mei 2015

Langkah - Langkah Perakitan PC


Laporan Praktikum Organisasi dan Arsitektur Komputer

Langkah-langkah Merakit Komputer (PC)
            Merakit merupakan kegiatan menyusun, merangkai maupun  menggabungkan  bagian lainnya sampai dapat berfungsi dengan baik.  Merakit PC adalah  menggabungkan, merangkai serta menyusun komponen-komponen di dalam pc supaya menjadi suatu komputer yang berfungsi dengan baik. Tujuan merakit pc yaitu  agar mengetahui bagian-bagian atau
komponen yang ada di dalam komputer seperti: processor, baterai CMOS, fan, slot PCI, slot AGP dan yang lainnya. Dan juga dapat mendeskripsikan atau mengetahui mekanisme dan tata kerja atau fungsi  dari masing-masing komponen komputer.
            Sebelum merakit sebuah komputer pastikan peralatan  yang  dibutuhkan sudah tersedia, peralatan  yang dibutuhkan seperti obeng  minus atau obeng plus.  Setelah peralatan tersedia, berikut merupakan langkah-langkah  perakitan pc:
1.      Letakan motherboard pada tempat yang datar dan jangan lupa beri alas dengan permukaan yang lembut agar motherboard tidak tergores atau putus  jalur komponennya.
2.      Pasang processor pada motherboard. Pemasangan processor usahakan di  luar casing agar memudahkan dalam pemasangan processor tersebut. Pemasangan processor disesuaikan dengan  jenis  processor dan  motherboard yang digunakan.
3.      Setelah  processor terpasang kemudian lakukan pemasangan kipas processor.
4.      Pasang  memori pada slot memori yang tersedia pada  motherboard.  Pemasangan memori harus sesuai karena apabila terjadi kesalahan dalam  pemasangan dapat membuat memori menjadi rusak.
5.      Siapkan casing untuk pemasangan semua komponen yang sudah disediakan.
6.      Seteleh menyiapkan casing pasanglah power supply ke dalam casing.
7.      Setelah itu masukan motherboard pada casing secara perlahan agar motherboard tidak rusak. Pada saat pemasangan motherboard, perhatikan konektor mouse, keyboard,VGA, dan soudcard agar terpasang dengan panel yang terdapat pada casing dengan benar.
8.      Kemudian bautlah motherboard dengan dudukannya agar kuat dan tidak goyang.
9.      Setelah itu pasanglah CD-ROM pada rak yang terdapat pada casing, dengan cara memasukkannya dari depan.
10.  Kemudian bautlah CD-ROM yang telah di terpasang denga casing agar tidak  copot.  Kemudian  pasangkanah kabel power dan kabel data atau kabel ATA CD-RO M pada motherboard.
11.  Pasanglah harddisk pada rak yang terdapat pada casing dengan perlahan agar harddisk tidak terbentur. Kemudian bautlah dengan  kencang agar tidak mudah lepas.
12.  Setelah harddisk terpasang lalu pasang kabel data atau kabel SATA harddisk pada motherboard dan  pada harddisk tersebut.
13.  Pasang konektor power supply pada tempatnya  yang terdapat pada motherboard. Jika pemasangan ini salah akan mengakibatkan  kerusakan pada  motherboard.
14.  Kemudian tancapkan konektor power/pad  konektor lainnya yang terdapat pada motherboard.
15.  Seteleh semua komponen terpasang kemudian pasang penutup casing dengan benar.
Setelah selesai melakukan perakitan tersebut harus kita tes apakah berhasil atau  tidak. Pasang kabel  port VGA  ke monitor kemudian power monitor dan  CPU ke saklar listrik,  selanjutnya hidupkan komputer bila  komputer dapat booting maka perkitan berhasil.  Bila tidak dapat booting/tidak  menyala/tidak jalan berarti perakitan belum sempurna maka harus disempurnakan terlebih dahulu.

1 komentar:

Welcome to My Blog

Link UNJANI

Link IF UNJANI

Lencana Facebook

Dragonball Online Mouse Pointer Blue

tes

tes

Pengikut

- Copyright © Shelly Nur -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -