Selamat Datang di Blog Shelly Nurhadijah... Semoga artikel yang saya berikan dapat bermanfaat

Selasa, 05 Mei 2015

Motherboard




Motherboard atau “papan  induk”  dan biasa juga disebut dengan “Mainboard” adalah komponen terbesar yang terdapat dalam sebuah perangkat pengolah. Fungsi motherboard secara keseluruhan adalah tempat utama untuk memasang peripheral lain, seperti processor, memori, VGA Card, dan lain-lain. Seperti processor, motherboard juga memiliki beberapa, seperti Intel, Asus, Iwill,  Abit, DFI, Gigabyte,  dan masih banyak lagi.


·      Processor

                   Processor merupakan inti dari sebuah komputer. Dalam  komponeninilah seluruh perhitungan matematis  yang amat rumit dilakukan. Singkat kata, kecepatan, kehandalan, dan kompabilitas PC ditentukan pada processornya. Processor dapat dibedakan dari jumlah data busnya. Misalkan ada processor 8 bit, itu berarti processor tersebut  memiliki 8 data bus.



·      Slot PCI

                   Slot PCI atau slot card PCI merupakan slot pada motherboard yang digunakan untuk memasang card tambahan,  seperti VGA card, sound card, Ethernet card, modem internal yang berjenis PCI.

·      Northbridge

                   Northbridge merupakan perangkat yang menghubungkan CPU dengan  perangkat yang  berkecepatan tinggi, seperti RAM, PCI Express, dan AGP. 
                   Northbridge akan membantu mengenali kecepatan dari FSB (Front Side Bus) motherboard. Kecepatan ini merupakan kecepatan link antara CPU dengan memori. Jika kecepatan memori lebih rendah dari kecepatan FSB maka akan terjadi bottleneck. Dengan demikian, kecepatan memori memastikan bahwa kecepatan RAM yang digunakan adalah sama atau melebihi kecepatan FSB agar tidak  terjadi  bottleneck.

·      Southbridge

Southbridge terhubung dengan CPU melalui northbridge dan mengatur slot PCI,  slot USB, BIOS, dan  audio onboard.
  

  
·      Socket

                   Socket adalah tempat memasang atau meletakan processor pada motherboard. Setiap kelas processor  membutuhkan jenis socket yang berbeda. Processor  kelas Pentium menggunakan socket 7/8, processor kelas Pentium II menggunakan slot 1, processor kelas Pentium III  menggunakan socket 370, processor  kelas Pentium IV menggunakan socket 423  atau  478 dan untuk socket Core 2 Duo adalah socket  M dan T.
 
·      Konektor SATA

                   Konektor ini  menghubungkan harddisk atau CD/DVD drive tape SATA dengan motherboard.


·      Slot Memori

                   Slot  memori digunakan untuk meletakkan memori pada motherboard. Pada umumnya, motherboard memilikidua tipe slot memori, yaitu SIMM dan DIMM. Tipe slot SIMM terdiri atas 30 atau 72 pin,  mendukung  jenis FPM (Fast  Page Mode) dan EDO (Extended Data Output). Adapun slot DIMM terdiri atas 168  pin, mendukung  SDRAM (sychronous  Dynamic  RAM).

·      Baterai CMOS


                   Baterai  ini berfungsi menjalankan Real Time Clock (RTC), juga menjaga isi CMOS, seperti password serta perubahan setting.

·      Konektor Back Panel

                   Back panel merupakan kumpulan port yang biasanya diletakan di belakang casing atau wadah komputer PC.

·      PCI Express  16x

                   PCI-E 16x atau PCI Express 16x digunakan untuk VGA card yang
Tercepat saat ini dengan kecepatan 16x. VGA card dengan kecepatan  ini digunakan  untuk pengolahan data grafik atau video yang tinggi  dan  juga untuk penggunaan game yang membutuhkan VGA card dengan spesifikasi tinggi.

·      PCI  Express  1x

                   Slot PCI-E 1x merupakan slot PCI Express yang memiliki kecepatan terendah, yaitu 1x. Biasanya digunakan untuk ekspansi sound card atau ethernet card.

·      Port IDE

                   Konektor ini menghubungkan motherboard dengan harddisk atau CD/DVD drive tipe ATA atau PATA. Konektor ini memiliki bentuk yang mirip  dengan konektor FDD.

·      Konektor ATX Power

                   Konektor ATX Power adalah bagian yang mengubungkan power supply dengan motherboard dan merupakan sumber daya utama untuk motherboard. Konektor ATX merupakan konektor yang saat ini umum digunakan. Sebelum ATX muncul, terdapat konektor AT yang digunakan untuk power supply jenis  AT. Konektor AT biasanya terdiri atas 12  pin, sedangkan ATX terdiri atas  20  pin.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome to My Blog

Link UNJANI

Link IF UNJANI

Lencana Facebook

Dragonball Online Mouse Pointer Blue

tes

tes

Pengikut

- Copyright © Shelly Nur -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -